Pengurus APIK PT Muhammadiyah Aisyiah Menggelar Rakernas di Bandung - Kolaborasi Sumber Daya Manusia



 0

 


Algivon.com -- Pengurus Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APIK PTMA) dalam rangka menyinergikan langkah dan program organisasi menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Kamis-Jumat, (30-31/5/2024) di Kota Bandung.

Dengan tema “Menyinergikan Gerakan, Menguatkan Peran”, APIK PTMA berkomitmen secara maksimal mewujudkan penyelenggaraan pendidikan ilmu komunikasi yang unggul dan berkualitas.

Pembukaan Rakernas APIK PTMA dilaksanakan, Kamis, (30/5/2024), di Gedung Auditorium KH Ahmad Dahlan Lt.3 Universitas Muhammadiyah Bandung, jalan Soekarno Hatta No.752, Kota Bandung. Pada kesempatan ini, berlangsung pelantikan pengurus APIK PTMA 2024-2026 dan juga penandatanganan MoU antara UMBandung dan APIK PTMA dengan Lembaga Sensor Film.

Kegiatan ini diisi Seminar bertema, “Peran Prodi Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Film di Indonesia”, dengan nara sumber Rommi Fibri Herdiyanto (Ketua LSF), Ayub Dwi Anggoro, Ph.D (Dekan FISIP UMPonorogo) serta Roni Tabroni (Komisioner KPID Jawa Barat).


Strategis ...


Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU., dalam sambutannya mengatakan, UM Bandung sangat senang APIK PTMA menggelar Rakernas di Kota Bandung, “Pastinya dalam waktu dekat UM Bandung akan merayakan Milad ke-8, ” ujarnya.

“Bicara tentang ilmu komunikasi adalah sesuatu yang sangat strategis, seperti diketahui, bangsa kita mengalami berbagai situasi yang terdampak berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Prof. Dr. Herry Suhardiyanto.






Prof. Dr. Herry Suhardiyanto menambahkan, perkembangan komunikasi setiap hari membebani dan membombardir masyarakat dikarenakan diundang sendiri melalui gadget.

“Tetapi komunikasi sebetulnya mempunyai peran yang sangat penting untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik,” ujar Prof. Dr. Herry Suhardiyanto.

Lebih lanjut Prof. Dr. Herry Suhardiyanto mengatakan, UM Bandung peran utamanya adalah melahirkan inovasi melalui riset yang konsisten dan panjang, “Inovasi akan mewarnai kehidupan bangsa kita,” ujarnya.

“Komunikasi mengubah banyak hal, yakni persepsi masyarakat tentang sesuatu hal yang baik maupun hal buruk,” pungkas Prof. Dr. Herry Suhardiyanto.


Prioritas ...


Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Widodo Muktiyo di sela-sela Rakernas mengatakan, Asosiasi Ilmu Komunikasi yang ada di negeri ini angkanya cukup spesifik.

“Ilmu Komunikasi diharapkan tidak hanya mengembangkan dirinya sebagai program studi, akan tetapi menjadi bagian dari pengembangan antar PP Muhammadiyah,” ujar Prof. Dr. Widodo Muktiyo

“Sehingga 57 perguruan tinggi Muhammadiyah yang mempunyai prodi komunikasi betul betul bersinergi membangun roadmap bersama dalam konteks strategi komunikasi yang sekarang mengarah pada era milenial dan digital,” kata Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Lebih lanjut Prof. Dr. Widodo Muktiyo berharap, APIK PTMA melaksanakan tugas-tugas perserikatan pada umumnya, “Saya berharap di 57 perguruan tinggi akan segera hadir S3 Ilmu Komunikasi, bahkan roadmap Rektor Kepala pun harus Profesor, dan tentu ini menjadi prioritas,” ujarnya.

Prof. Dr. Widodo Muktiyo menghimbau seluruh jajaran semakin menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara kolaborasi antar anggota keluarga APIK, “Reputasi perserikatan Muhammadiyah dari berbagai analisis sebetulnya sudah besar, secara konten internal juga sudah bagus, namun sayangnya belum terpublikasi secara baik,” ujarnya.

“Sebetulnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah sudah mempunyai beragam macam keunggulan dibandingkan dengan Universitas, Perguruan Tinggi Negeri, maupun Swasta di Indonesia, sehingga target PTMA untuk menuju Global University angat terbuka lebar,” tegas Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

“Kita ini tidak Tridarma, tapi Catur Darma, Muhammadiyah ini punya peran yang membedakan dibandingkan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi yang lainnya,” ungkap Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

“Jadi dengan jumlah 611 ribu Mahasiswa, 20 ribu Dosen, bahkan ratusan Guru Besar, ini akan betul-betul menjadi kekuatan yang nanti difungsikan, karena komunikasi tugasnya memberikan oksigen agar semua stakeholder berperan positif untuk mencapai tujuan dan kiprah Muhammadiyah,” pungkas Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Sedangkan Ketua APIK PTMA periode 2024-2026, Dr. Choirul Fajri mengatakan, Rakernas digelar dalam rangka menyinergikan langkah dan program organisasi, menyinergikan gerakan, serta menguatkan peran APIK PTMA dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan ilmu komunikasi yang unggul dan berkualitas.

“Ini adalah momentum yang sangat penting untuk menyusun program kerja yang betul-betul bisa memberikan kontribusi untuk pengembangan Prodi Ilmu Komunikasi,” kata Dr. Choirul Fajri.

“Terlebih, sampai saat ini, animo masyarakat terhadap Prodi Ilmu Komunikasi masih sangat tinggi,” pungkas Dr. Choirul Fajri.

Acara Rakernas sendiri terpusat di Hotel Ibis Budget Asia Afrika, Bandung, hadir dalam kegiatan ini, para pengurus APIK PTMA periode 2024-2026, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Secara umum, terdapat 5 Bidang dalam kepengurusan APIK PTMA kali ini, yakni Kerjasama, Laboratorium, Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Publikasi. (HS/BRH

Pengurus APIK PT Muhammadiyah Aisyiah Menggelar Rakernas di Bandung - Kolaborasi Sumber Daya Manusia Pengurus APIK PT Muhammadiyah Aisyiah Menggelar Rakernas di Bandung - Kolaborasi Sumber Daya Manusia Reviewed by Harri Safiari on 09.28 Rating: 5

Tidak ada komentar