Hedi Ardia dari KPU Jabar, Muara Pilkada itu Kualitas Penyelenggaraan & Kualitas Pemimpin

 


 


Suasana diskusi di Sekertariat JMSI Jabar di Cafe Kampring Jl. Maskumambang No. 39 Kota Bandung (30/6/2024) mendengar dan mengkaji paparan bacalon Wali Kota Bandung 2024 - 2029, Yena Iskandar Ma'soem. Sebelum diskusi dimulai hadir Hedi Ardia Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, ia mengantarkan dengan pendapat utama pada muara Pilkada yang tak lain demi meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan kualitas pemimpin yang dihasilkan. (Foto: HS). 



 

Algivon.com -- Pilkada jangan dipersempit atau disederhanakan menjadi sekadar figuritas. Karena terlalu naif jika proses demokrasi itu direduksi cuma sekadar menampilkan figur untuk menjadi calon pemimpin.

 

"Kami tak berharap media mereduksi pilkada jadi cuma figuritas calon. Tapi ini ada proses panjang, pemutakhiran data, distribusi alat, debat, kampanye, penajaman visi, yang semuanya bermuara pada kualitas penyelenggaraan pilkada dan kualitas pemimpin," kata Hedi Ardia Ketua Divisi Sosialisasi, Pebdidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar.

 

Hal itu dikemukakannya saat sosialiasi sebelum Diskusi Pilkada bertajuk Mencari Pemimpin Pilihan Rakyat, Minggu (30/6/2024). Ia berbicara di hadapan wartawan anggota Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jabar. Pada Hari Minggu itu, JMSI Jabar memanggungkan salah satu cucu pengusaha SPBU ternama di Priangan, Yena Iskandar Ma’some yang mendedarkan vivi misinya untuk maju sebagai bakal calon Pilwalkot Bandung. Diketahui Pilkada Kota Bandung dilaksanakan pada 27 November 2024, untuk memilih Wali Kota Bandung 2024 – 2029.

 

Hedi bersyukur, banyak media yang memberitakan soal figur calon, namun hendaknya disertai dengan konten gagasan para calon. "Sehingga media bisa berperan dan mendorong pemilih untuk kenali calon dengan baik. Karena pemilih itu harus diedukasi, agar benar-benar memilih pemimpin berdasarkan kapasitas dan gagasannya," tandasnya.

 

Dijelaskan, saat ini KPU tengah disibukkan dengan pemutakhiran data. "Kita lagi coklit, untuk ketahui apa ada yangg berubah status, misalnya pemilu lalu masih TNI Polri aktif, ternyata sekarang sudah pensiun. Diharapkan didapat data pemilih yang berkualitas agar tak ada sengketa atas hasil pemilihan dari sudut data pemilih," ujarnya. (HS/JMSI Jabar)

Hedi Ardia dari KPU Jabar, Muara Pilkada itu Kualitas Penyelenggaraan & Kualitas Pemimpin Hedi Ardia dari KPU Jabar, Muara Pilkada itu Kualitas Penyelenggaraan & Kualitas Pemimpin Reviewed by Harri Safiari on 20.58 Rating: 5

Tidak ada komentar