RUPS PT. AKKU Tbk Paparkan Tren Positif Usaha & Pengembangan Bisnis, Sekilas Menguak Lembur Recreation Park

 



Sesi paparan publik RUPS PT. AKKU Tbk. (foto: Iwan).  




 

Algivon.com – Kembali, PT. Anugerah Kagum Karya Utama (AKKU) Tbk. yang tergabung dalam Kagum Group menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2024. RUPS 2024 ini berlangsung di Meeting Room Acacia Hotel Golden Flower, Jalan Asia Aftika No. 15-17, Kota Bandung pada Rabu (26/06/2024).

 

Pada RUPS PT AKKU Tbk. ini, jajaran komisaris dan manajemen memaparkan keberhasilan perusahaan selama periode 2023-2024. Hal tersebut disampaikan kepada para awak media dalam sesi paparan publik.

 

Hadir pada sesi paparan publik RUPS PT AKKU Tbk., antara lain Presiden Komisaris Dharmitea Kiemas Hamidy. Komisaris Independent Wilhelmina, President Direktur I Gede Ariesunda, dan Direktur Irwan Suryadi.

 

Paparan diawali dengan menerangkan sekilas mengenai profil perusahaan serta visi misi dari PT. AKKU. Tbk. Secara umum, perusahaan ingin berkontribusi dalam bidang pembangunan pariwisata di Indonesia. Khususnya dalam bidang perhotelan dengan memberikan keuntungan finansial, baik bagi perusahaan maupun bagi para pemegang saham.

 

Pengembangan Perusahaan

 

PT. AKKU.Tbk sendiri telah mengalami proses pengembangan yang cukup lama yaitu sejak 2001. Sebelumnya bernama PT. Aneka Kemasindo yang bergerak di bidang kemasan pabrik. Mulai melakukan penawaran umum perdana saham pada 15 Oktober 2004 atas 80.000.000 saham dengan harga Rp. 100,00.- per saham.

 

Kemudian, pada 2015 mengakuisisi PT. Permata Nusantara Hotelinda yang bergerak dalam jasa manajemen/pengelolaan hotel. Dan mengganti namannya menjadi PT. AKKU (Anugerah Kagum Karya Utama) pada 2016. Sejak itu perusahaan ini telah melaksanakan Penawaran Umum Terbatas 1 (PUT) dengan saham Perseroan sebanyak 6.449.463.636 saham. Dengan pengendali saham PT. Eka Mandiri Anugerah Sejahtera (EMAS).

 

Pendapatan Usaha

Sesi berlanjut pada pemaparan pendapatan usaha yang disampaikan I Gede Ariesunda. Ia menjelaskan bahwa keuntungan perusahaan dari manajemen hotel telah mengalami kenaikan 32,69 % dari tahun lalu di bulan yang sama.

 

“Perusahaan mengalami kenaikan laba usaha. Dari angka 1.236.950.235 pada Maret 2023 menjadi 1.641.317.466 di bulan yang sama tahun ini,” ujarnya.

 

Ariesunda menambahkan, ikhtisar keuangan perusahaan mengalami tren naik untuk liabilitas jangka pendek di angka 0,55 % dan menurun di jangka panjangnya di angka 0,93 %. Ekuitas menurun di angka 0,06 %.

 

Namun untuk tahun ini, ia mengatakan, para pemegang saham tidak akan mendapatkan deviden dari laba tersebut.

 

“Namun akan dipergunakan untuk pengembangan perusahaan dalam bentuk pembangunan sarana wisata lainnya,” tuturnya.

 

Pengembangan Bisnis

 

Sementara itu, untuk pengembangan properti, Ariesunda menyebutkan bahwa untuk saat ini tidak akan ada pembangunan properti. Seperti dalam bentuk hunian jenis apartemen.

 

Lebih lanjut ia menegaskan, perencanaan pengembangan sudah ditetapkan sebelum pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

 

“Kami akui bahwa pandemi Covid membuat perencanaan yang sudah kami tetapkan akhirnya dihentikan dulu,” ungkapnya.

 

“Tetapi tahun ini kami tengah mengusahakan mendatangkan investor untuk kembali menjalankan rencana pengembangan yang tertunda tersebut. Dan telah mendapatkan calon investor dari Arab Saudi dan China,” sambungnya.

 

Terkait wilayah yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, Ariesunda menuturkan, pihaknya akan fokus membangun di wilayah Lembang. Meski memiliki aset di beberapa tempat.

 

“Kami akan membangun resort dengan fasilitas lengkap. Dengan nama Lembur Recreation Park dan Akademi Pariwisata di daerah jalan Setiabudi atas,” sebutnya.

 

Menurutnya, konsep dari Lembur Recreation Park sendiri seperti one stop shopping. Di mana di area seluas 9,5 hektar ini, tersedia berbagai fasilitas yang lengkap. Seperti hotel, kondominium, area belanja, dan sarana wisata lain.

 

“Seperti kita ketahui jika saat ramai kunjungan wisatawan jalan di wilayah Lembang dan sekitarnya pasti macet. Dengan konsep yang akan kami terapkan di Lembur Recreation Park semua tersedia dengan hanya berjalan kaki,” pungkasnya. (HS/IG)


RUPS PT. AKKU Tbk Paparkan Tren Positif Usaha & Pengembangan Bisnis, Sekilas Menguak Lembur Recreation Park RUPS PT. AKKU  Tbk Paparkan Tren Positif Usaha & Pengembangan Bisnis, Sekilas Menguak Lembur Recreation Park Reviewed by Harri Safiari on 09.52 Rating: 5

Tidak ada komentar