Abah Landoeng (99) Telusuri Veteran Dwikora ke LVRI Jabar: Siapa Tahu ...


Abah Landoeng pada Senin (29/7/2024) mencoba mengurus veteran Dwikora ke dua Kantor di Kota Bandung, hasilnya masih harus diperjuangkan dengan sepenuh hati dan full spirit. (Kolase Foto: HS).  


 

 

 

Algivon.com --  Rona wajah Abah Landoeng, pria kelahiran Bandung 11 Juli 1926 yang dikenal dengan berbagai label seperti pensiunan guru SMPN 2 dan 5 Kota Bandung (1956 – 1996), pengumpul kendaraan untuk VVIP saat KAA 1955 di Bandung, pernah menjadi relawan di antaranya Trikora dan Dwikora pada era 1964-an, lainnya sebagai duta pencegahan korupsi untuk KPK ‘jujur itu hebat’, pada Senin, siang, 29 Juli 2024, di halaman kantor Republika Perwakilan Jawa Barat di Jalan Mangga, Bandung, yang diterima dengan ramah oleh jurnalis Sandy:

 

“Ya, ini mah hanya menjemput kepenasaran saja. Habis mau apa lagi? Instansi yang Abah datangi meminta bukti-bukti fisik surat-surat. Utamanya surat perintah berangkat dan surat kedatangan dari kesatuan saat itu,”kata Abah Landoeng dengan menambahkan – “Semua bukti-bukti itu hilang, terbakar, pada tahun 1967-an, paling mengandalkan saksi itu pun Pak Solihin GP sudah tiada, paling mantan Pangdam III/ Siliwangi Pak Iwan Sulanjana, di antaranya.”

 

Patut diketahui, Abah Landoeng pada Senin pagi itu mendatangi kantor Legiun Veteran RI (LVRI) di Jalan Jawa yang diterima dengan baik oleh Djudju Amidjaja, Wakil Sekertaris Pemuda Panca Marga (PPM) Jabar, dan Jubaedi, Wakil Ketua PPM Jabar. Selama di kantor PPM Jabar, Abah Landoeng ditangani dengan baik.

 

Setelahnya, Abah Landoeng disarankan untuk mendatangi Kantor Badan Pembinaan Administrasi Veteran dan Cadangan Daerah Militer III/Siliwangi di Jalan Tongkeng No. 48 Kota Bandung atau disebut Kanminvetcad Ranting 7 Cabang III PD/Siliwangi, Abah Landoeng diterima dengan baik oleh Ibu Sri yang menjelaskan secara rinci, perlunya bukti surat tugas/perintah serta saksi-saksi keberangkatan Abah Landoeng pada operasi Dwikora untuk priode khusus 03 Maret 1964 s/d 11 September 1966.

 

Terkait penjelasan untuk memperoleh veteran Dwikora menurut Kanminvetcad Ranting 7 Cabang III PD Siliwangi,”Abah akan pasrah saja, niat awal tadinya ingin membantu puluhan rekan Abah asal Jawa Barat yang pergi ke Kalimantan. Beberapa di antaranya, bahkan ada yang gugur dan sesuai anjuran Pak Karno (Presiden RI ke-1) malah ada yang menikah dengan warga setempat suku Dayak di sana.”

 

Ada Parade …

 

Secercah harapan, masih kata Abah demi memnuhi syarat administrasi itu di antaranya akan menelusuri,”ya akan dicoba ke Dodik Secata Kodam III Siliwangi Pangalengan, siapa tahu di sana kan beberapa bulan pernah ikut pendidikan dasar kemiliteran, sebelum berangkat ke Kalimantan, ada bukti administrasinya” ujarnya.

 

Lebih lanjut masih kata Abah Landoeng, waktu itu total 212 relawan itu sebelum berangkat ke Kalimantan melakukan parade di Jalan Braga dan jalan Merdeka yang disaksikan oleh Gubernur Jabar Mashudi (1960 – 1970), serta Pangdam III Siliwangi, Ibrahim Adjie (1960 – 1966), “malahan Pak Musannif Ryacudu selaku Pangdam XII Kalbar juga hadir kala itu di Bandung, dari Pak Ryacudu dapat pangkat titular sebagai Serma sebagai Danru selama di Kalimantan.”

 

Menutup reportase ini Abah Landoeng mengatakan:”Ini kebetulan juga menghadapi 17 Agustus 2024, saran dari beberapa kawan, dan hasilnya ya sudah diduga harus diperjuangkan lagi lebih keras malah sangat sangat keras…”, ujarnya.

 

Kabar terakhir ketika naskah berita ini akan dinaikkan, Abah Landoeng mengabari dirinya  mendapat telepon dari Brigjen TNI (Purn) Darmawi Chaidir, Wakil Ketua DPD LVRI Provinsi Jawa Barat,”Abah diminta hadir kembali ke LVRI Jabar pada Kamis mendatang (1/8/2024). Ya kita tunggu saja ini siapa tahu ada kabar gembira,” pungkasnya via telepon. (Harri Safiari).  


Abah Landoeng (99) Telusuri Veteran Dwikora ke LVRI Jabar: Siapa Tahu ... Abah Landoeng (99) Telusuri Veteran Dwikora ke LVRI Jabar: Siapa Tahu ... Reviewed by Harri Safiari on 19.52 Rating: 5

Tidak ada komentar