Ilham Habibie Janjikan Pembangunan di Jawa Barat, Berbasis ESG – Tak Merusak Lingkungan!


Momen kebersamaan bakal calon Gubernur Jabar Ilham Akbar Habibie yang akrab disapa Kang Ilham Habibie pada akhir diskusi di Sekretariat JMSI Jabar (14/7/2024) Jl. Maskumambang No. 39 Bandung. "Andai saya terpilih, mari kita siap tinggal landas," tandasnya sambil membuat simbol lengan kanan pesawat terbang bermanuver take off. (kolase/Foto: HS).




 

Algivon.com -- Pembangunan berbagai industri dan infrastruktur fisik di Jawa Barat dipercaya menjadi salah satu solusi, untuk percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi  Indonesia khususnya di Jawa Barat. Namun seperti dua sisi mata uang, pembangunan industri ini acapkali berdampak buruk pada lingkungan.

 

Narasi ini muncul tatkala digelar diskusi bertajuk “Mencari Pemimpin Pilihan Rakyat” di sekretariat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jabar, Cafe Kampring, Jl. Maskumambang 39 Bandung, Minggu 14 Juli 2024.

 

"Apa yang akan anda (ilham habibie) lakukan, agar pembangunan (industri) tidak berdampak buruk pada lingkungan," tanya Ketua Lembaga Hikmah Kebijakan Publik PW Muhammadiyah Jabar Dr. Rd. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si.

 

Bakal calon Gubernur (bacalon) Jawa Barat dari Partai NasDem, Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing, MBA menanggapi pertanyaan ini, mengaku punya kiat khusus dan dipercaya jitu, agar pembangunan  industri tidak membawa dampak buruk pada lingkungan.

 

"Saya akan berupaya terus memperhatikan ESG (Environmental, Social and Governance). Sehingga industri ini tidak menggangu lingkungan, masyarakatnya dan memiliki tata kelola yang baik. Jangan sampai nantinya merusak lingkungan," tegas Ilham Habibie yang menyatakan –“Panggil saja aku ini Kang Ilham”.

 

Dalam kesempatan yang sama, pengamat politik Unpad Affan Sulaeman menyinggung soal Sumber Daya Manusia (SDM) di Jawa Barat dengat tingkat pendidikan yang masih rendah.

 

Affan menuturkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rata-rata lama sekolah pada tahun 2022 yakni 9,07 tahun untuk laki-laki sementara 8,48 tahun untuk perempuan.

 

"Artinya rata-rata lama sekolah masyarakat Jawa Barat saat ini tidak lebih dari 9 tahun, artinya rata-rata usia pendidikan masyarakat Jawa Barat hanya sampai sekolah menengah pertama (SMP)," kata Affan.

 

Menanggapi hal tersebut Ilham tak menampik jika kualitas SDM menjadi penting untuk mengoptimalkan pembangunan tidak hanya industri tapi juga bidang lainnya seperti pertanian, fesyen, musik, kebudayaan lokal hingga kuliner.

 

"Oleh karenya, saya memiliki 3 visi misi unggulan yakni pertama membuka lapangan pekerjaan. Kedua adalah pendidikan baik formal maupun informal serta ketiga adalah meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," tegasnya.

 

Ilham mengaku punya mimpi untuk membuat Jawa Barat bisa maju dengan peningkatan Sumber Daya Manusia yang implikasinya akan memperkuat sektor industri di Jabar.

 

"Kalau kita lihat datanya, 55 persen industri di Indonesia ini ada di Jawa Barat. Itu bisa menjadi basis untuk kita buat maju ke depan. Kuncinya adalah SDM kita untuk menjadikan industri kita berjaya dimana Jabar memiliki industri strategis seperti PT DI, Pindad, Dahana, LEN, Telkom, KAI. Harus kita kembangkan industri lainnya, karena itu adalah kunci menuju Indonesia Emas (2045)," tegasnya.

 

"Jika industri kuat juga bisa menghadirkan lapangan kerja. Tapi tidak berarti sektor lainnya diabaikan," sambung Ilham.

 

Diketahui, acara diskusi pilkada rutin ini, digelar setiap hari Minggu petang, yang digagas oleh JMSI Jabar, berkolaborasi dengan PW Muhammadiyah Jabar. Suasana gelaran diskusi yang memanggungkan Ilham Habibie kali ini, berlangsung semarak. Salah satu indikasinya, hingga sesi terakhir beberapa penanya mengagumi nara sumber yang selama ini dikenal sebagai teknokrat, mampu menjadi pembelajar yang cepat.

 

“Tak menyangka, Kang Ilham Habibie ini ternyata piawai juga, menjelaskan semua program yang dicanangkan untuk pembangunan di Jabar dengan runtun, bahasanya mudah dimengerti,” papar Silvia Adriana D.S salah satu hadirin representasi dari komunitas Paguyuban Bandungariung. (HS/Deni).


Ilham Habibie Janjikan Pembangunan di Jawa Barat, Berbasis ESG – Tak Merusak Lingkungan!  Ilham Habibie Janjikan Pembangunan di Jawa Barat, Berbasis ESG – Tak Merusak Lingkungan! Reviewed by Harri Safiari on 23.44 Rating: 5

Tidak ada komentar