Ilham Habibie Diskusi di JMSI Jabar, Buka Rahasia Industrialisasi Menuju Indonesia Emas

 


Ilham Habibie (kedua dari kiri) saat manggung berdiskusi intensif bersama dua pakar politik dari kampus Unpad Dr. Affan Sulaeman, dan Prof. Dr. Ahmad Buchari. Kehadirannya di Sekretariat JMSI Jabar disambut positif oleh puluhan hadirin yang mengajukan berbagai pertanyaan seputar Ilham Habibie andaikan terpilih menjadi Gubernur Jabar 2024 - 2029. (Foto: HS). 


 

Algivon.com – Menanggapi pernyataan pemerintah tentang rencana pertumbuhan ekonomi di atas 6% pada 2025 menurut Dr.-Ing. H Ilham Akbar Habibie, Dipl. Ing. M.B.A., adalah non sense, “jika tak sentuh sektor industri”. Masih menurut kandidat Gubernur Jabar Ilham Habibie, “karena percepatan ekonomi baru akan terjadi, jika perindustrian mendapatkan prioritas perhatian pemerintah.”

 

Hal itu dikemukakan Kang Ilham Habibie, demikian ia membuka sapaan akrab untuk dirinya saat menjadi narasumber pada serial diskusi pilkada bertajuk "Mencari Pemimpin Pilihan Rakyat".  Putra mantan Presiden Prof. B.J. Habibie ini diusung oleh Partai Nasdem untuk maju dalam Pilgub 27 November mendatang.

 

Gelaran diskusi pilkada ini, rutin dilaksankan pada setiap hari Minggu petang. Pelaksanaannya digagas oleh Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jabar, yang berkolaborasi dengan PW Muhammadiyah Jabar. Diskusi digelar di sekretariat JMSI Jabar, Cafe Kampring, Jl. Maskumambang 39 Bandung, Minggu (14/7/2024). Paparan Ilham pun dibahas oleh dua panelis, yakni Dr. Affan Sulaeman, pengamat politik Unpad dan Prof. Dr. Ahmad Buchari.

 

"Indonesia emas baru akan tercapai jika terjadi industrialisasi di berbagai bidang. Industrialisasi itu akan mengubah mindset setiap orang. Dan itu bisa diterapkan di semua sektor, pertanian, perkebunan, wisata, jasa ataupun industri kreatif," jelas Kang Ilham Habibie yang mengaku langkah dirinya terjun ke politik praktis – “Ya, dua bulan lalu saya berdiskusi intensif dengan berbagai kalangan,  hasilnya semakin mantap keyakinan diri untuk menjadi bacalon Gubernur Jabar.”

 

Selanjutnya Ia seakan membuka rahasia, industri pertanian di Jepang maju, begitupun industri kreatif di Korea jadi mendunia, karena didorong menjadi industri. Petani di negara-negara maju itu makmur -- bukan di bawah garis pertanian seperti di Indonesia—ini, karena pertanian diubah jadi industri.



Puluhan hadirin diluar dua pengamat politik  dari kampus Unpad Dr. Affan Sulaeman, dan Prof. Dr. Ahmad Buchari, antusias bertanya tentang berbagai hal yang akan ditangani andai Kang Ilham Habibie terpilih menjadi Gubernur Jabar."Terima kasih atas semua kritis dan dorongan bagi saya. Senantiasa saya terbuka menerima masukan," ujarnya. (Kolase:HS).


 

"Industri akan mengubah produksi menjadi lebih massal. Mesin-mesin dan teknologi akan melipatgandakan produksi apapun, sehingga pertumbuhan ekonomi terdongkrak," katanya.

 

Ilham Habibie pun menyoroti posisi Jabar yang amat strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi ini di Indonesia. "Jabar adalah tulang punggung Indonesia. Membangun Indonesia emas lokomotifnya adalah Jabar. Karena 55% industri ada di Jabar," tandasnya yang percaya sumber daya manusia (SDM) di Jabar dengan berbagai perlakuan khusus, akan ditingkatkan – “Persoalan pemerataan pendidikan dan pelatihan SDM, harus sinergis dan simultan serta berkelanjutan.” (HS/JMSI Jabar).

 


Ilham Habibie Diskusi di JMSI Jabar, Buka Rahasia Industrialisasi Menuju Indonesia Emas Ilham Habibie Diskusi di JMSI Jabar, Buka Rahasia Industrialisasi Menuju Indonesia Emas  Reviewed by Harri Safiari on 22.14 Rating: 5

Tidak ada komentar