Ketua Dewan Pembina PEKNAS Jabar, Budi Setiawan: Pemuda, Mari Tekuni Pertanian & Peternakan Secara Modern, Keren Loh!



Peserta Rapat Konsolidasi Pengurus DPW PEKNAS Jabar pada 3 Juli 2024 di Bandung - Siap turut serta secara aktif memberdayakan ekonomi kerakyatan di Jawa Barat. (Foto: Rivansyah Dunda). 



 

Algivon.com -- Ketua Dewan Pembina Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (PEKNAS) Jabar, Brigjen Pol (Purn) Drs. H. Budi Setiawan, MM. saat menghadiri Rapat Konsolidasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (PEKNAS) Wilayah Jawa Barat di Saung Makan Macan Siliwangi Bandung Jawa Barat, Rabu (3/7/2024), mengatakan,”kita semua hadir di sini, bermodalkan semangat memperkuat ekonomi kerakyatan,” ujarnya sambil menambahkan – “maka rapat konsolidasi ini, adalah langkah penting bagi sebuah organisasi seperti DPW PEKNAS Jabar ini.

 

Lebih jauh dalam Rapat Konsolidasi DPW PEKNAS Jabar ini, Budi Setiawan melihat dan mencermati terbitnya SK Nomor 026/SK-DPP PEKNAS/P/VI/2024 tentang Pengesahan Struktur dan Personalia DPW PEKNAS Provinsi Jabar Periode 2024 – 2029,” ini semakin nyata bahwa kedudukan organisasi memiliki peran krusial dalam memperkuat ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

 

Masih kata Budi Setiawan yang pada Rabu petang itu dalam rapat konsolidasi ini kehadirannya didampingi unsur pimpinan DPW PEKNAS Jabar, Ir. H Deden Hidayat (Dewan Penasehat), juga Dewan Pengurus Harian DPW PEKNAS Jabar di antaranya H. Dedie Sudrajat (Ketua), Dicky Wahyu (Sekertaris), dan Lukman Nulhakim, SE (Bendahara), bahwa konsolidasi organisasi ini sejatinya memiliki tujuan untuk siap berkolaborasi, “nantinya sinergi ini akan memperkuat upaya mengatasi ragam tantangan ekonomi baik regional, nasional, maupun global,” terangnya.  

 

Sementara itu Ir. H Deden Hidayat selaku Dewan Penasehat DPW PEKNAS Jabar mengaku merasa gembira atas berdirinya DPW PEKNAS Jabar,”mari kita bahu membahu memberdayakan ekonomi kerakyatan yang selama ini potensinya amat besar, namun belum optimal kita berdayakan.”

 

Lainnya, duet ‘aktivis sosial-kemasyarakatan’ Dedie Sudrajat dengan Agus Setiawan yang selama ini bergiat dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan via UMKM Naik Kelas di Jawa Barat,” ini forum PEKNAS yang di Jabar dikomandoi duet Kang Budhi Setiawan yang Purnawirawan Brigjen Pol dan Ir. H Deden Hidayat yang akrab disapa Wa Deden, semoga kekuatan ini bisa memajukan pegiat ekonomi kerakyatan secara nyata di lapangan,” ujar Dedie Sudrajat.

 

Dalam kesempatan rapat konsolidasi DPW PEKNAS Jabar ini, Agus Setiawan memperkenalkan kembali konsep UMKM yang memperkuat pentingnya tata kelola keuangan yang benar, termasuk penguatan rantai pasok bahan baku,”tujuannya, demi efisiensi dan efektivitas, sehingga pelaku bisnis ekonomi kerakyatan memperoleh keuntungan yang sepadan, dan ini adalah modal untuk berkembang atau naik kelas secara fisik maupun mental, dalam berkegiatan usaha,” ujar Agus Setiawan yang dalam dua dekade terakhir sempat jatuh bangun mengembangkan industri sepatu di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung.

 

“Ilmu jatuh bangun, terutama soal bangunnya ini bukan jatuhnya ya? Selalu, ingin saya tularkan terutama ke para pegiat ekonomi di tingkat bawah. Insya Alloh sudah beberapa yang berhasil dan bisa kita jadikan sebagai role model,” ujarnya dengan menambahkan –“Bisa dilihat, saya dan rekan sedang fokus mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis BUMM (Badan Usaha Milik Masjid) Ikhlas Mandiri di Riung Wulan No. 1 Komplek Riung Bandung, Cisaranten Kidul, Gedebage, Kota Bandung.”   


Pertani & Peternak Keren!

 

Secara terpisah Budi Setiawan dan Abah Deden masih di rapat konsolidasi DPW PEKNAS Jabar ini, berharap melalui berbagai program yang terpadu para pemuda di Jabar khususnya,”mari menekuni dunia pertanian serta peternakan secara modern, keren loh, dan ingat di Eropa para muda-mudi di sana sangat aktif bergiat di bidang ini, tidak seperti di kita yang hanya dilakukan generasi tua,” ujarnya dengan gesture serius.



Para aktivis atau pengurus DPW PEKNAS Jabar, siap berbagi pengalaman dalam hal pengembangan ekonomi kerakyatan di Jawa Barat. (Kolase & Foto Rivansyah Dunda).


 

Lebih jauh, masih kata Budhi Setiawan sambil mengapresiasi usaha daur ulang sampah yang dirintis oleh Agus Subekti melalui PT Tras Bumi Pertiwi:

 

“Ini kisah nyata dari salah satu pengurus di DPW PEKNAS Jabar Kang Agus Subekti. Ia telah membuktikan diri, mampu memberdayakan diri dan lingkungannya. Dari sampah ternyata bisa menimbulkan banyak nilai tambah, dan membuka lapangan kerja.

 

Penutup dari reportase ini, Dedie Sudrajat menyatakan optimis, biduk organisasi DPW PEKNAS Jabar yang diisi oleh para pelaku bisnis dan pegiat sosial- kemasyarakatan yang sarat dengan segala pengalaman,”doakan saja organisasi ini akan hidup dengan penuh kemaslahatan di bidang ekonomi kerakyatan di Jabar, khususnya,” pungkasnya. (Harri Safiari




















Ketua Dewan Pembina PEKNAS Jabar, Budi Setiawan: Pemuda, Mari Tekuni Pertanian & Peternakan Secara Modern, Keren Loh! Ketua Dewan Pembina PEKNAS Jabar, Budi Setiawan: Pemuda,  Mari Tekuni Pertanian & Peternakan Secara Modern, Keren Loh!  Reviewed by Harri Safiari on 22.46 Rating: 5

Tidak ada komentar