Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Sungai Nasional: Pelihara & Tingkatkan Fungsinya



Design by HNY 




 

Algivon.com – Sebagaimana kita tahu bahwa setiap tanggal 27 Juli diperingati sebagai Hari Sungai Nasional. Hari ini ditetapkan pada 27 Juli 2011 yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai. Lanjutnya, kita ketahui, sungai adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air, mulai dari hulu sampai muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan.

 

“Bagi kita, selain didorong seluruh warga untuk menjaga keberadaan sungai secara sehat, saya anggap bahwa sungai itu pendukung utama kehidupan flora dan fauna. Dengan demikian kebersihan sungai amat berpengaruh pada ekosistem di dalamnya,” papar Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn.) H. Taufik Hidayat, SH., MH., yang dikontak redaksi pada (27/8/2024).

 

Lebih jauh menurutnya, kondisi sungai-sungai besar di Jawa Barat di antaranya Sungai Citarum, Sungai Ciliwung, Sungai Cisadane, Sungai Citanduy, Sungai Cisanggarung, Sungai Cisadea, dan Sungai Cilamaya, “kondisinya perlu perbaikan disana-sini, alangkah baiknya bila peran ideal sungai tetap terjaga sejumlah keuntungan bagi warga Jabar khususnya dapat kita nikmati lebih baik lagi,” ujarnya menyinggung kondisi sungai-sungai utama di Tanah Pasundan.  

 

Masih kata Kang Opik demikian sapaan akrab dari Ketua DPRD Jabar yang dikenal cinta lingkungan dan seni budaya Jawa Barat, “melalui Hari Sungai Nasional tahun 2024 ini, setidaknya kita diingatkan tentang perlakuan apa yang seharusnya bagi sungai-sungai yang ada di sekitar kita, minimal kita pelihara dan tingkatkan fungsinya bagi keseimbangan ekosistem dan DAS yang sehat,” tutupnya. (HS/Rls).


Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Sungai Nasional: Pelihara & Tingkatkan Fungsinya  Ketua DPRD Jabar Terkait Hari Sungai Nasional: Pelihara & Tingkatkan Fungsinya Reviewed by Harri Safiari on 21.15 Rating: 5

Tidak ada komentar