Wawan Wardiana Deputi KPK RI Terkait Sikap Anti Korupsi Abah Landoeng (99): Inspirasi bagi Kita!



Kolase, Abah Landoeng bersama Wawan Wardiana Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat beserta Tim KPK RI selama di seputaran Gedung Sate Kota Bandung (4 - 11/8/2024). (Foto: HS/Rivansyah Dunda).


 


Algivon.com – Kembali, sosok ‘Anti Korupsi atau Jujur itu Hebat’ yang kerap disuarakan oleh Abah Landoeng (99), disela-sela  gelaran acara ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi – Roadshow Bus KPK 2024’ (4 – 11 Agustus 2024) di Gedung Sate Kota Bandung, pada Sabtu, 10 Agustus 2024 dalam gelaran khusus ‘Temu Forum Penyuluh Anti Korupsi – Ahli Pembangun Integritas Kujang Bersatu Jawa Barat (Paksi- API KBJB), Wawan Wardiana Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat:

 

“Saya baru bertemu muka dengan Abah Landoeng yang usianya 99 tahun, mengagumkan konsistensinya. Sebelumnya, sudah banyak dapat informasi tentangnya dari teman-teman.  Abah Landoeng ini sudah lama bergabung bersama KPK. Utamanya, menyuarakan pencegahan dan anti korupsi ke berbagai pihak,” ujar Wawan Wardiana seusai ia menjadi nara sumber ‘Temu Forum Penyuluh’ bersama Inspektur Daerah Provinsi Jawa Barat, Eni Rohyani.

 

Lebih lanjut kata Wawan Wardiana, dirinya seakan merasa minder,”apakah, saya bisa nyampe ke usia ini, menyuarakan anti korupsi? Kan, kalau orang tua bilang, saya pernah muda. Kalau orang muda, belum tentu bisa menjadi tua, nantinya,” ujarnya penuh hormat.

 

Masih dalam kaitan mengapresiasi kiprah Abah Landoeng, sebagai pensiunan guru SMPN 5 dan 2 Kota Bandung (1956 – 1996), juga dikenal sebagai salah satu inspirator muridnya kala di SMPN Virgiawan Liestanto yang punya nama panggung Iwan Fals, dengan lagunya  ‘Oemar Bakrie’:

Sosok Abah Landoeng ini adalah inspirasi bagi kita, ia contoh nyata. Menyuarakan anti korupsi, tidaklah mengenal usia, tidak melihat tempat, tidak melihat waktu. Artinya, kapanpun, dan di manapun kita harus menyuarakan anti korupsi! Mudah-mudahan sayapun bisa mengikuti langkah-langkah Abah Landoeng,” ujar Wawan Wardiana.

 

Perlu Peran Aktif Masyarakat

 

Pantauan redaksi sesuai pembukaan Roadshow Bus KPK di Kota Bandung yang digelar di Gedung Sate (8/8/2024) yang dihadiri Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, serta Ketua Sementara KPK Nawawi Pamolango, ditekankan bahwa upaya pemberantasan korupsi di negeri kita,”perlu peran aktif masyarakat, tanpa ada keterlibatannya, rasanya percuma,” paparnya dengan menambahkan – “pemberantasan korupsi dilakukan dengan 3 pendekatan, pendidikan, pencegahan, dan penindakan.”

 

Sementara itu Bey Machmudin selaku tuan rumah, kembali ia menekankan bahwa perjuangan melawan korupsi harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan tempat tinggal, maupun tempat kita berkerja.



Kolase sosok Abah Landoeng bersama sejumlah siswa SMA yang dicintainya, dan kerap diwanti-wanti agar selalu berbuat jujur, yang diyakini sebagai salah satu intisari dari konsistensi anti korupsi,"awas loh, nanti seperti korupsinikus ..." ujar Abah Landoeng tanpa bermaksud melakukan candaan alias humor. (Foto: HS/Rivansyah Dunda). 


 

Kembali ke sosok Abah Landoeng yang menurut para pewarta di seputar Bandung, dikenal kiprahnya yang khas, nyaris ‘bekerja dalam senyap’ ditanya masih banyaknya para koruptor yang terkena OTT KPK di Jabar, yang sebagian besar di antaranya adalah murid-muridnya:

 

“Abah paling nelangsa kalau di Jabar ada OTT KPK atau oleh kejaksaan maupun aparat polisi. Yang terkena itu, ternyata murid-murid Abah. Duh, kepala Abah ini mendadak pusing dan lungse (lemes-red). Makanya, ke para pejabat yang berada dimasa puncaknya, suka diingatkan walaupun pelan dan susah sekali, jangan korupsi. Kalau kata teman Abah, ya jangan jadi koruptor atau korupsinikus. Itu tuh, deket-deketlah seperti istilah fosil manusia purba phitecantropus erectus,” ujar Abah Landoeng dengan nada pelan penuh makna. (HS)  

 

 



Wawan Wardiana Deputi KPK RI Terkait Sikap Anti Korupsi Abah Landoeng (99): Inspirasi bagi Kita! Wawan Wardiana Deputi KPK RI Terkait Sikap Anti Korupsi Abah Landoeng (99): Inspirasi bagi Kita! Reviewed by Harri Safiari on 22.12 Rating: 5

Tidak ada komentar