HUT ke-6 Komunitas Solid & Setahun Yayasan Jiwa Solidaritas Insan, Boetje A Bastaman: ‘Satukan Aneka Hobi & Bahagia Beramal’

 

Sekilas momen para anggota Komunitas Solid dan Yayasan Jiwa Solidaritas Insan merayakan kiprahnya selama ini dalam 6 tahun terakhir, plus 1 Tahun berdirinya Yayasan Jiwa Solidaritas Insan. Kegiatan berlangsung di Hotel Horison Kota Bandung (5/9/2024). (Foto/kolase: Harri Safiari).


 


Algivon.com – Suasana di seputar poolside Hotel Horison di Jalan Pelajar Pejuang ‘45 Kota Bandung, Jawa Barat, sejak Sabtu sore (5/9/2024) hingga menjelang pukul 22.00 WIB, semua tampak ceria. Tak lain, mereka adalah para pria dan perempuan rata-rata separuh baya. Yang hebat, bahkan beberapa di antaranya lewat dari usia 60-an. Mereka ini tergabung dalam keanggotaan Komunitas Solid atau Solid Community, yang kegiatan utamanya - bersosialisasi sambil memupuk tali persaudaraan, serta beramal dalam nuansa penuh kebahagiaan. 

 

“Terdaftar selama 6 tahun terakhir ini ada sekitar 150-an anggota. Profesinya macam-macam, asalnya atau tempat mereka tinggal ada di sekitar Bandung Raya, Jakarta juga ada. Yang menyatukan itu, kami gemar menikmati atau bermain musik langsung (live music). Sejak 6 tahun lalu, sering berkumpul tiap minggu dengan berbagai aktivitas amal dan semacamnya,” papar Dewi Lisnawati SE, Ketua JSI (Jiwa Solidaritas Insan) sambil menambahkan – “Ini malam kami  lakukan penggalangan dana juga. Dana terkumpul ini untuk kegiatan sosial dan kemasyarakatan”.

 

Lebih lanjut disela-sela kemeriahan tampilan group live music yang membahana malam itu, kepada redaksi tokoh Bandung Boetje A Bastaman selaku Ketua Dewan Pembina JSI, sekilas menjelaskan tentang organisasi binaannya:“Tak terasa sudah 6 tahun berkegiatan. Yang istimewa, malam ini tepat 1 tahun yayasan Jiwa Solidaritas Insan berdiri dan beraktivitas. Semuanya, untuk kegiatan amal dan kemanusiaan agar lebih terarah,” terangnya dengan nada sumringah.

 

Live Music, Pemersatu

 

Secara terpisah, masih disela-sela sajian live music yang terus menarik para anggota JSI untuk berjoget dan menari bersama, MC pada puncak acara malam itu Danila Zahira yang didampingi Epi Sutisna selaku Ketua Panitia HUT ke-6 Komunitas Solid & Setahun Yayasan Jiwa Solidaritas Insan:”Bagi kami yang berbasis hobi kegiatan live music, hal ini sebagai pemersatu,.Lalu, ditambah berbagai keakhlian dari tiap anggota, akhirnya rutin beraktivitas dalam berbagai amal dan sambil membantu masyarakat sekitar,” ujarnya yang sehari-hari dirinya berkegiatan sebagai Konsultan Kejiwaan di daerah Cipaku jalan Setiabudi Kota Bandung.  

 


Masih, aneka momen pada HUT ke-6 Komunitas Solid & SetahunYayasan Jiwa Solidaritas Insan di Hotel Horison, Kota Bandung (5/9/2024) (Foto/kolase: Harri Safiari).




Masih kata Danila Zahira yang dikenal juga sebagai aktivis sosial di Kota Bandung, menurutnya kiprah JSI tak melulu dalam hal live music,”kami pun sering terlibat dalam kegiatan penyuluhan sosial, penanggulangan stunting di beberapa daerah. Intinya, JSI kini sudah makin beragam namun tetap focus dalam hal menumbuhkan rasa persaudaraan, minimal di antara para anggotanya, serta memperbanyak amal dengan suasana gembira, tentu disesuaikan dengan kemampuan kami,” paparnya.

 

Sementaraitu Dudi Kurniadi pria setengah baya yang mengaku berprofesi sebagai pedagang ‘warungan’ di daerah Sukamenak, Kopo, Kota Bandung , ditemui redaksi disela-sela keriuhan alunan live music malam itu, “saya baru 7 bulanan bergabung dengan JSI, merasa kerasan  karena rasa persaudaraan di JSI sangat diutamakan, sehingga keluarga pun mendukungnya beraktivitas di sini,” pungkasnya. (HS)   

 

  






HUT ke-6 Komunitas Solid & Setahun Yayasan Jiwa Solidaritas Insan, Boetje A Bastaman: ‘Satukan Aneka Hobi & Bahagia Beramal’ HUT ke-6 Komunitas Solid & Setahun Yayasan Jiwa Solidaritas Insan, Boetje A Bastaman: ‘Satukan Aneka Hobi & Bahagia Beramal’ Reviewed by Harri Safiari on 04.25 Rating: 5

Tidak ada komentar